10 Tahun Ngeblog

Di bulan Agustus nanti, tepatnya tanggal 26, saya 10 tahun ngeblog. Berdasarkan postingan pertama saya di blog yang ini 🙂

Selama 10 tahun ini emang nggak selalu rutin posting tulisan di blog sih, harus diakui. Malah ada yang dalam setahun cuma beberapa kali aja nulis. Tapi harus diakui sampe sekarang pun apa yang saya kerjain gak pernah jauh dari soal tulis-menulis.

Saya pernah nulis script iklan untuk iklan Nasdem bareng Mba Fitri, yang saya anggap mentor saya. Saya juga sudah nggak kehitung nulis naskah skenario dokumenter selama kerja di PH. Dan terakhir yang selama beberapa tahun ini lagi saya tekuni, nulis copywriting untuk landing page dan iklan-iklan di google adwords maupun facebook ads.

Dan, hey… semuanya itu berawal dari kesukaan saya buat nulis, di blog 🙂

Emang sih jelas ada beda yang kentara antara nulis sekedar buat seneng-seneng sama buat kerja. Semenjak lulus dan jadiin nulis buat kerjaan rasanya emang ada semacam tanggung jawab dari setiap kata yang tertulis terketik.

Kalo nulis naskah untuk skenario tentu harus sesuai sama brief klien, kalo nulis script untuk dokumenter tentu harus sesuai data dan bisa “menggerakan” siapa pun yang nonton, begitu juga kalo nulis copywriting untuk iklan, harus bisa bikin orang mupeng dan pengen beli barang yang kita tawarkan.

Ribet ya? Hehehe…

Jadi bukan cuma tata bahasa dan ejaan yang harus diperhatikan, tapi juga pilihan kata, dan (belakangan) juga pengaruhnya untuk SEO.

Dan sebelnya itu kebawa sampe ke cara nulis blog. Rasanya jadi ribet banget bawaannya mo ngepost aja. Gak santai, hehehe.

Padahal blog seharusnya jadi tempat kembali yang paling hakiki (cailaah…), tempat saya bisa nulis apa aja tanpa terbatas aturan-aturan atau pikiran macem2. Terserah aja orang mau liat dan nanggepin apa, gak mau terima ya bikin aja tulisan tandingan, hihihi.

Ini harus diniatin banget nih, buat kembali jadiin nulis sebagai terapi buat saya menurunkan tensi dan melepas beban di pundak. Walaupun mungkin tulisannya gak guna-guna amat, bahkan cenderung nyampah doang 😀

Kalo kaya gitu masih mau kan mampir ke blog saya, Sob? 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *