Pilihan Wisata Air Terjun di Yogyakarta

Sobat Muda… Ada yang berencana buat jalan-jalan ke Yogya dalam waktu dekat? ūüôā

Buat kamu yang belom tahu, Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang sangat banyak. Jika ingin melakukan perjalanan wisata, objek wisata air terjun bisa menjadi alternatif pilihan. Berwisata di air terjun akan memberikan sensasi fresh bagi kita. Karena dengan melihat keindahan alam air yang menakjubkan ini akan membuat hati menjadi tenang dan damai. Nah, ini bisa menjadi alternative pilihan ketika liburan.

Mana saja air terjun yang ada di Yogyakarta, berikut daftarnya :

Air Terjun Gedangan

Lokasi Air Terjun Gedangan, berada di balik perbukitan di kawasan Giriloyo, kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini memiliki nama lain yaitu Air Terjun Seribu Batu. Lantaran dikelilingi oleh bebatuan yang dulunya berasal dari gunung api tua Ngelanggran. Air terjun ini tergolong paling banyak dikunjungi. Menurut cerita mistis, air terjun ini dipercaya bermanfaat untuk kecantikan kulit agar awet muda dan mempererat keutuhan rumah tangga.

Air terjun Gedangan berada pada ketinggian sekitar 8 meter, dengan muara kedalaman kurang lebih 1 meter. Lokasi ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari pemukiman warga dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat air terjun lainnya, seperti: Air Terjun Grejeng, Air Terjun Kedung Progo, KAir Terjun edung Blimbing dan Air Terjun Kedung Grojog.

Air Terjun Jogan

Air Terjun Jogan terletak di Pantai Jogan, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul Yogyakarta. Air terjun Jogan memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu airnya mengalir langsung dari atas tebing jatuh ke bibir pantai, yaitu laut Jogan. Berada pada pesisir pantai gunung kidul dengan ketinggian sekitar 10 meter. Lokasinya persis disebelah barat pantai Siung.

Saat menyusuri jalan ke bawah demi melihat keindahan air terjun ini kita akan melihat ribuan anak kepiting yang masih bercangkang transparan yang bisa dimasak sebagai lauk. Pemandangan di sini sangat menakjubkan. Percikan air yang berasal dari air terjun terlihat bak tirai yang terjuntai indah ditambah suasana yang indah sejuk dan menyegarkan.

Soal tempat menginap jangan khawatir. Disana banyak hotel dan penginapan dengan harga terjangkau. Ada baiknya anda mencari info tentang penginapan, agar perjalanan wisata bisa menyenangkan.

Selain kedua air terjun di atas, di Yogyakarta juga terdapat air terjuan lain yang memiliki¬†keunikan tersendiri disetiap lokasinya, seperti: Air Terjun Parangtritis, Air Terjun Sri Gethuk ‚ÄstGunung Kidul, Air Terjun Tlogomuncar ‚Äď Sleman, Grojogan Banyu Tibo ‚Äď Gunung Kidul,¬†Grojogan Watu Jonggol ‚Äď Kulon Progo.

Yang mana pun tujuan wisata kamu, Sob, pastikan jadi pengalaman gak terlupakan ūüėČ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *